3 Tips Cara Launching Produk Yang Menarik Perhatian Customer

3 Tips Cara Launching Produk  Yang Menarik  Perhatian Customer

Ide cara untuk menciptakan produk baru bisa saja hadir setiap saat. Tetapi, untuk mulai mengeluarkan produk kamu tidak boleh terkesan buru-buru. Kamu harus memiliki perencanaan matang sebelum mulai menawarkan produk yang sudah kamu miliki tersebut. Setelah memiliki perencanaan, kamu perlu mulai memikirkan bagaimana produk tersebut dapat diterima di pasar dengan baik. Mungkin ini terdengar sederhana, tetapi tanpa strategi yang baik, marketing kamu mungkin tidak berjalan dengan baik.

Berikut ini adalah strategi peluncuran produk dalam menentukan tingkat tinggi rendahnya setiap variabel dalam pemasaran, mutu produk, harga, promosi, hingga distribusi produk yang perlu kamu lakukan !

1. Strategic rapid skimming (peluncuran cepat)

Strategi rapid skimming merupakan strategi peluncuran produk baru yang diawali dengan harga dan promosi yang tinggi. Rapid skimming ini dapat digunakan untuk mempercepat laju produk dalam menembus pasar. Strategi ini dapat berjalan lancar dan berhasil jika sebagian besar pasar belum mengetahui produk tersebut. 

2. Strategic slow skimming (peluncuran lambat)

Dalam strategi ini kamu bisa memperoleh laba kotor per produk dalam jumlah yang banyak dengan promosi yang rendah agar biaya pemasarannya tidak begitu besar. Strategi ini dapat berhasil jika pasarnya terbatas, sebagian konsumen sudah mengetahui produknya, konsumen mau membeli dengan harga yang mahal, serta belum adanya pesaing produk kamu.

3. Strategic rapid penetration (penetrasi cepat)

Strategi ini  biasa dilakukan penetapan harga yang rendah serta promosi yang gencar. Tujuannya untuk memperoleh penerimaan pasar yang lebih cepat serta pangsa pasar yang lebih luas. Keberhasilan strategi ini dapat dipengaruhi oleh konsumen yang belum mengetahui keberadaan produk, pasar yang luas, kepekaan konsumen terhadap harga, dan adanya indikasi persaingan yang sangat besar.

4. Strategic slow penetration (penetrasi lambat)

Strategi ini menetapkan harga yang rendah serta promosi yang kecil. Hal ini dilakukan untuk mendapat penerimaan yang besar dari konsumen dengan biaya pemasaran yang rendah. Keberhasilan strategi ini perlu didukung dengan pasar yang luas, konsumen yang peka dengan harga, konsumen mengetahui keberadaan produk, serta pesaingnya yang rendah.

Tahapan – Tahapan Peluncuran Produk
1. Mulailah dengan melakukan riset tingkat kompetisi

Langkah ini merupakan langkah yang sangat penting untuk membuat perencanaan setelah produk itu benar-benar diluncurkan. Kamu juga dapat mencari tahu bagaimana cara mereka melakukan marketing, melakukan review material marketing yang mereka gunakan seperti social media, website, brosur maupun iklan-iklan lainnya.

2. Menargetkan pelanggan yang ideal

Mulailah mencari pelanggan yg ideal dan berilah kesempatan kepada mereka untuk mencoba produkmu. Pastikan kamu memiliki target pelanggan yang paling potensial dan yang paling ideal. Dengan cara ini, kamu dapat memastikan penjualan produkmu terus berjalan baik kedepannya.

3. Ciptakan nilai keunikan dari produk

Pada langkah ini kamu harus mulai menciptakan nilai khusus dari produk yang  ditawarkan. Karena setiap produk yang sama yang tidak memiliki nilai keunikan tidak akan pernah bisa menarik pelanggan baru.

4. Mencoba melakukan konsep uji coba dalam marketing

Untuk memperkenalkan produk baru, kamu juga dapat melakukan konsep marketing bundling dengan produk yang serupa. Cara ini sering menjadi konsep marketing yang sukses karena tak sedikit dari pelanggan merasa bahwa produk yang dikeluarkan oleh perusahaan adalah yang paling sesuai untuk mereka.

5. Perjelas strategi dan taktik marketing

Tentukan sales dan marketing channel yang kamu miliki. Apakah kamu akan fokus pada marketing online atau melakukan marketing offline. Tanpa strategi yang baik, kamu tidak akan bisa fokus dalam memasarkan produk baru.

Strategi Pemasaran Produk Baru
1. Menggunakan media sosial
Media sosial merupakan alat yang sangat ampuh digunakan sebagai alat pemasaran. Hampir semua orang telah menggunakan media sosial dengan latar belakang lingkungan, agama, etnis, suku, pendidikan yang berbeda-beda. Dengan menggunakan media sosial perusahaan akan lebih memudahkan menjangkau target pasar secara lebih luas dengan biaya yang lebih murah. Media sosial juga dapat memungkinkan perusahaan memilih komunitas yang sesuai untuk memasarkan produknya, sehingga memiliki peluang besar produk untuk terjual.
2. Membuat kemasan yang menarik

Dalam pemasaran, kemasan produk juga harus diperhatikan. Kemasan produk yang menarik akan membuat kesan yang diingat oleh konsumen. Ada banyak konsumen yang lebih mudah untuk mengingat produk yang dijual.

3. Menawarkan produk secara gratis

Cara ini merupakan cara yang ampuh untuk mendatangkan konsumen. Strategi ini dianggap perlu karena tidak semua target pasar telah mencoba menggunakan produk Anda. Perusahaan dapat membuat sebuah event atau menawarkan sample gratis kepada target pasarnya.

4. Membuka reseller dan dropship

Agar lebih memudahkan dalam melakukan pemasaran, maka kamu bisa membuka peluang reseller dan dropship bagi orang lain. Dengan strategi pemasaran ini, tentu produk barumu akan lebih banyak dikenal oleh masyarakat.

5. Mengikuti event atau bazar

Strategi pemasaran produk baru juga bisa dilakukan dengan keikutsertaan dalam berbagai event maupun bazar yang ada di kota kamu. Melalui acara ini, maka kamu bisa melakukan pendekatan langsung dengan konsumen. Bahkan, kamu tak perlu mencari konsumen karena pada acara seperti ini tentu banyak masyarakat yang antusias untuk datang.

Baca juga artikel-artikel lainnya seputar Start-up, bisnis, inovasi, dan teknologi di instagram @in.Ideanation atau website www.ideanation.id.

Share This :
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x