4 Cara Efektif Untuk Mengumpulkan, Menganalisis Dan Memanfaatkan Umpan Balik User

4 Cara Efektif Untuk Mengumpulkan, Menganalisis Dan Memanfaatkan Umpan Balik User

Membuat suatu produk yang bagus dan membangun bisnis yang hebat mungkin terdengar mudah dari sudut pandang kalian. Tetapi itu bukan perspektif yang menentukan keberhasilan perusahaanmu, melainkan user kamu. Inilah sebabnya mengapa mengumpulkan, menganalisis dan memanfaatkan umpan balik user.

Apa itu Umpan Balik User?

Umpan balik user atau pengguna mengacu pada pemikiran dan emosi usermu tentang produk dan bisnis kamu. Biasanya terdiri dari tingkat kepuasan mereka terhadap kamu dan apa yang memuaskan atau tidak memuaskan mereka. Ini bisa berupa ulasan yang mengatakan bahwa produk kamu bagus, pesan yang mengeluhkan bisnismu, atau permintaan fitur yang menjelaskan bagaimana produkmu bisa lebih bermanfaat. Setiap pendapat pelanggan kamu penting karena kepuasan merekalah yang membuat bisnismu bisa menjadi sukses.

Mengapa umpan balik User penting?

Pengalaman user atau pengguna memiliki dampak penting pada keberhasilan perusahaan. Meskipun pelanggan tidak dapat terlibat langsung dalam pengambilan keputusan suatu perusahaan, namun pemikiran merekalah yang seharusnya menjadi penggerak keputusan perusahaan.

Umpan balik pengguna sangat penting untuk semua unit perusahaan. Unit pendukung akan ingin memeriksa kualitas layanan mereka, dan unit produk mungkin memerlukan bantuan untuk memprioritaskan apa yang akan dihasilkan. Untuk meningkatkan kesuksesan perusahaan, seorang manajer produk harus mengetahui dengan baik tentang cara mengumpulkan umpan balik pengguna, menganalisisnya, dan mengambil tindakan sesuai dengan hasilnya.

Bagaimana cara mengumpulkan umpan balik User?

Alat statistik tidak selalu cukup karena memiliki risiko berakhir dengan data miring yang hanya mewakili pelanggan yang suka atau tidak suka. Data kualitatif harus digunakan untuk mendapatkan wawasan lebih lanjut. Kamu dapat berhubungan langsung dengan pelangganmu. Mengobrol langsung,survei dan media sosial adalah salah satu alat paling umum untuk mengumpulkan umpan balik pengguna. 

  • Mengobrol langsung adalah cara komunikasi langsung dengan pelangganmu. Kamu dapat mengajukan pertanyaan spesifik waktu nyata atau mengkategorikan umpan balik masuk.
  • Survei membantumu mengajukan¬†
  • pertanyaan kepada pelanggan tentang aspek tertentu dari layanan Anda atau pengalaman mereka dengan mudah. Hal ini berguna untuk mengukur kepuasan pelanggan yang diberikan oleh survei tersebut.
  • Media sosial adalah platform terkemuka di mana semua orang suka mengekspresikan perasaan mereka. Meskipun tidak selalu bermakna dan konstruktif seperti umpan balik langsung, kamu dapat menemukan umpan balik sangat efektif di Facebook, Twitter, dan platform media sosial lainnya.
Alat Umpan Balik User
  1. UserGuiding pada dasarnya adalah perangkat lunak orientasi pengguna yang dirancang untuk meningkatkan keseluruhan pengalaman penggunamu dengan produk kamu. Ini akan memberi kamu kemampuan untuk membuat penelusuran produk, menyoroti fitur, mengirim pesan dalam aplikasi, dan membuat pusat bantuan mandiri tanpa pengkodean.
  2. Gamified Feedier adalah alat pengumpulan umpan balik yang memungkinkan kamu membuat survei yang dirancang dengan lancar yang bertujuan untuk mengubah proses bagi pengguna. Anda dapat menawarkan berbagai insentif kepada pengguna yang secara sukarela memberikan umpan balik kepada kamu dan dengan umpan balik yang akan dapatkan, kamu dapat meningkatkan bisnis dan produkmu.
Share This :
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x