5 Ide Startup Ditahun 2022

Membangun sebuah startup adalah perkara mudah. Siapa saja bisa mulai membuat startup digital. Akan tetapi, hal yang sulit justru adalah menentukan ide dan menjaga startup itu terus berkembang. Bisa dibilang berkembang adalah kunci agar bisnis bisa bertahan dan terus eksis. Namun, mengembangkan startup memiliki tantangan yang sedikit berbeda dengan bisnis kebanyakan. Untuk tahun 2022 perlu diingat, pebisnis juga harus mempertimbangkan kondisi pandemi COVID-19 telah mengubah cara kebanyakan orang dalam membeli dan menggunakan barang ataupun jasa.

Menentukan ide-ide startup yang brilian mungkin terasa sulit bagi calon pengusaha terutama ketika semua orang sudah mendapatkan ide yang sama seperti yang kamu pikirkan. Namun ada solusi lain yang mungkin dapat kamu terapkan seperti mencoba meningkatkan produk yang sudah ada atau memberikan sentuhan unik pada ide-ide lama. Salah satu dari manfaat berwirausaha salah satunya adalah kamu dapat membuat upaya peluncuran startup kamu sendiri. Selain kebebasan yang didapat dari menjadi bos bagi usaha yang kamu miliki, memulai bisnis dapat memberikan kepuasan kerja yang lebih besar dan potensi penghasilan yang lebih tinggi.

 Banyak sekali anak muda yang terinspirasi untuk menjadi CEO atau yang biasa disebut Entrepreneur meskipun masih di usia yang sangat muda. Namun jangan ragu, karena sebenarnya siapapun dengan usia berapapun dan berdomisili dimanapun dapat menjadi seorang pengusaha yang hebat asal didukung dengan ide yang tepat.

Untuk memulai sebuah startup, Anda harus menemukan ide yang cocok dengan preferensi dan kemampuan atau skill yang ada miliki. Berikut 10 rekomendasi ide startup dibawah ini semoga dapat menjadi referensi bagi Anda.

Kamu harus menemukan ide yang cocok dengan kemampuan atau skill yang kamu atau tim kamu miliki. Berikut Ideanation telah merangkum 5 ide startup di tahun 2022 :

Delivery makanan

Orang-orang di seluruh dunia beralih ke takeaways ketika restoran favorit mereka tutup karena pandemi. Bahkan sekarang ketika restoran dan bar mulai buka kembali, orang-orang masih tetap menyukai makanan untuk dibawa pulang atau diantarkan kurir. Hal ini telah menyebabkan pengiriman makanan menjadi industri yang menguntungkan. Anda dapat memutuskan untuk membuat inovasi lokal baru yang baru.

Layanan penitipan anak

Ada krisis penitipan anak yang terjadi sekarang. Paparan virus corona, penutupan penitipan anak, dan kenaikan biaya membuat orang tua tidak punya pilihan selain merawat anak-anak mereka di rumah. Meningkatnya permintaan akan layanan penitipan anak dengan pasokan yang semakin berkurang merupakan perpaduan yang sempurna untuk memulai bisnis baru. Jika kamu senang mengasuh anak dan bisa mendapatkan izin yang sesuai, bisnis penitipan anak dapat menjadi ide bisnis startup yang bagus untuk kamu.

E-niaga

Banyak orang saat ini memilih untuk berbelanja secara online, dengan 2,14 miliar orang di seluruh dunia membeli setidaknya satu barang secara online selama tahun ini. Sistem E-Commerce atau pasar online tidak hanya akan memperluas pilihan yang dimiliki pembeli tetapi juga memungkinkan penjual untuk menjual barang dagangannya kepada pelanggan baru, siapapun dan dimanapun mereka berada. Maka dari itu membuat sebuah platform e-commerce dapat menjadi ide startup yang diperhitungkan saat ini karena dapat berpeluang berkembang pesat.

Sistem Pengelolaan Sampah Cerdas

Membangun sesuatu yang unik yang tidak memiliki banyak kompetisi dapat menjadi mudah dan menantang dalam aspek yang berbeda. Seperti, tidak mudah untuk memutuskan fitur dan layanan akhir, tetapi dapat dengan mudah menarik perhatian pelanggan. Sistem ini dilengkapi dengan sensor yang memisahkan sampah satu sama lain dan mendaur ulang barang-barang yang mungkin. Ini adalah ide yang menarik untuk memulai teknologi dan melibatkan teknologi IoT terbaru yang akan memberi kamu proyek bernilai tinggi di komunitas.

Platform Media Sosial

Netizen sangat tertarik menggunakan ponsel mereka sepanjang hari. Kami tanpa henti menggulir platform media sosial seperti umpan Facebook dan Instagram untuk lebih banyak pembaruan dan meme. Tapi, kita sering bosan dengan platform yang sama, format dan algoritma kontennya. Oleh karena itu, meluncurkan aplikasi media sosial baru dengan fitur yang lebih baik seperti tanpa iklan atau hak pengguna konten penuh, dll., dapat mengarahkan pengguna ke aplikasi kamu. 

Dari 5 ide yang dijelaskan di atas, kamu dapat memilih salah satu yang paling sesuai dengan minat dan keterampilan yang kamu miliki. Ada tiga elemen utama agar bisnis startup berjalan dengan sukses,  pemimpin yang baik dengan tim yang kooperatif, pendekatan yang serius dan upaya yang konsisten dalam bisnis, dan pemanfaatan sumber daya yang tersedia secara optimal.

Selalu perhatikan tren pasar dan persaingan sebelum memilih ide startup teknis atau non-teknis untuk diwujudkan. Berusahalah semaksimal mungkin untuk hasil yang kamu impikan.

Baca juga artikel-artikel lainnya seputar Start-up, bisnis, inovasi, dan teknologi di website Ideanation www.ideanation.id.

Share This :
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x