5 Profesi Digital Paling Dibutuhkan Saat Ini

5 Profesi Digital Paling Dibutuhkan Saat Ini

 

Ditengah kemajuan teknologi dan digitalisasi saat ini profesi digital banyak dibutuhkan. Keadaan tersebut membuat sebagian orang mulai menyadari tentang pentingnya memahami dan menguasai aspek digital di zaman ini.

 

Diantara beberapa perusahaan mulai merubah sistem kerja, namun berdampak juga terhadap permintaan tenaga kerja yang di butuhkan. Yang pada akhir nya banyak profesi baru yang bermunculan, namun banyak juga yang lama-kelamaan mulai ditinggalkan.

 

Akan tetapi, sebagian juga perusahaan rintisan atau startup yang sudah mulai duluan untuk memprioritaskan SDM yang memiliki kemampuan digitalisasi, sehingga peluang pekerjaan atau profesi di sebuah startup sangat tinggi

 

Tidak hanya pekerjaan, berbagai ide bisnis juga kini menuntut orang untuk mengerti dan memahami tentang pentingnya menguasai teknologi dan digitalisasi di era saat ini.

 

Berikut ini lima profesi digital yang paling banyak dibutuhkan perusahaan saat ini.

 

1. Web Developer

Dikarenakan dengan banyak nya perusahaan yang melakukan bisnis atau transaksi melalui website atau internet, dibutuhkan pula keahlian di bidang Web Developer atau pengembang website agar menunjang kebutuhan pekerjaan atau bisnis melalui internet.

 

2. UI/ UX Designer

UI (User Interface) atau UX(User Experience) Designer ialah seorang yang berfokus untuk mendesain dan merancang tampilan website menjadi lebih nyaman dan menarik untuk di gunakan oleh pengguna.

 

3. Digital Marketer

Apabila perusahaan ingin bisnis nya berkembang di tengah digitalisasi teknologi, metode pemasaran jasa atau produk pun harus ikut beradaptasi dengan kondisi tersebut. Maka dari itu, dibutuhkan seseorang yang ahli dalam melakukan pemasaran produk di dunia digital. Digital Marketer adalah profesi yang tugasnya memasarkan produk melalui platform digital, termasuk di dalamnya pembuatan konten untuk mempromosikan produk yang akan dipasarkan harus disesuaikan dengan target market.

 

4. AI Engineer

Di era sekarang, kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) menjadi salah satu industri yang tengah berkembang pesat, maka dari itu dibutuhkan banyak AI Engineer untuk mengembangkan AI tersebut. AI Engineer atau insinyur kecerdasan buatan adalah profesi yang bertugas untuk memprogram, membangun dan melatih model AI (kecerdasan buatan) menggunakan algoritma pembelajaran mesin (machine learning) yang dapat berfungsi seperti layaknya otak manusia. Profesi ini membutuhkan beberapa keahlian gabungan seperti mengembangkan perangkat lunak, pemrograman, ilmu data dan rekayasa data, kemampuan analisis, ketajaman bisnis, kemampuan berkolaborasi serta kemampuan berkomunikasi yang baik dengan tim.

 

5. Cloud Architect

Cloud atau komputasi awan adalah istilah yang merujuk pada kumpulan server dan pusat data yang dapat menyimpan semua data atau informasi.

Dengan teknologi cloud, kamu tidak lagi membutuhkan proses instalasi aplikasi pada perangkat, karena penyimpanan tersebut sudah berada di dalam satu tempat. Kamu hanya perlu terhubung internet untuk mengakses data yang diperlukan.

Cloud Architect bertanggung jawab atas segala sesuatu yang melibatkan server, platform penyimpanan, konektivitas dan perangkat lunak untuk mengelola komputasi awan di sebuah organisasi atau perusahaan.

Beberapa skill yang dibutuhkan untuk menjadi seorang Cloud Architect adalah kreatif dan inovatif, memiliki kemampuan untuk mengatur waktu dengan baik, mampu mengambil keputusan dengan cepat dan tepat, kemampuan programming, mengelola database, dapat mengelola jaringan dan keamanannya dan lain-lain.

Baca juga artikel-artikel lainnya seputar Start-up, bisnis, inovasi, dan teknologi di website Ideanation www.ideanation.id.

Share This :
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x