6 Komponen Value Proposition Canvas, Tool untuk mengetahui value produk dan jasa

 

Ketika kita sedang membangun sebuah produk atau jasa dalam bisnis, kita tentunya perlu benar-benar mengenali produk atau jasa kita sendiri untuk mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangannya. Tidak hanya itu, kita harus mengenali juga apa yang pelanggan kita butuhkan dan bagaimana produk atau jasa bisnismu dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Hal ini penting terutama ketika kita berkompetisi di pasar dimana terdapat ribuan produk atau jasa baru yang mengklaim bahwa produknya lebih unggul dari yang lain.

Oleh karena itu, kamu dapat menggunakan tool yang bernama Value Proposition Canvas atau VPC yang bisa membantu kamu untuk mengidentifikasi value dari produkmu terhadap konsumen dan memprioritasikan kerja bisnismu agar lebih efisien. Jadi apa itu Value Proposition Canvas dan apa saja manfaatnya? Yuk, simak penjelasannya dibawah ini !

 

Apa itu Value Proposition Canvas (VPC)?

Value Proposition Canvas adalah sebuah tool yang membantu bisnismu untuk mengetahui jika produk atau jasa yang dibuat bisnismu dapat memenuhi dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Ini dapat membantu kamu untuk mencari kecocokan antara produk dan segmen pasar yang dituju dengan memahami pelanggan lebih baik. Dengan begitu, Value Proposisiton Canvas dapat digunakan untuk menyempurnakan produk atau jasa yang sedang dikembangkan dalam bisnismu serta membantu membuat perencanaan yang lebih terfokus. Berikut dibawah ini adalah contoh penggambaran Value Proposition Canvas sederhana dan penjelasan komponen-komponennya :

Value Proposition Canvas

Customer Segement (Lingkaran)

Dalam komponen ini, kamu akan menggambarkan karakteristik segmen konsumen yang kamu tuju berdasarkan faktor-faktor berikut:

  • Customer Job

Faktor ini mengacu terhadap tugas, masalah, dan kebutuhan yang ingin diselesaikan dan dan dipenuhi oleh pelanggan.

  • Customer Pain

Berisi tentang pengalaman buruk atau resiko yang dialami pelnggan ketika ingin menyelesaikan masalah yang disebutkan dalam customer job

  • Customer Gain

Penjelasan mengenai keinginan dan manfaat yang diharapkan dari konsumen.

 

Value Proposition (Persegi)

Dalam komponen ini, kamu akan menggambarkan respons atau tindakan yang akan diberikan dari produk atau jasamu terhadap karakteristik customer yaitu:

  • Product & services

Mendeskripsikan produk dan jasa yang akan ditawarkan untuk membantu menyelesaikan masalah atau kebutuhan customer.

  • Gain creators

Menjelaskan manfaat atau keuntungan lebih yang diterima customer ketika menggunakan produk dan jasa.

  • Pain relievers

Menjelaskan bagaimana produk dan jasa yang kita tawarkan dapat menghilangkan masalah yang telah disebutkan dalam Customer Profile.

 

Itu dia penjelesan tentang value proposition canvas. Dengan tools yang sederhana ini, kamu bisa membuat perencanaan yang lebih matang ketika membuat produk dan jasamu. Tapi jangan lupa, membuat pernyataan di VPC juga harus disertai bukti benar dan tidak boleh mengada-ada.

 

Baca juga artikel-artikel lainnya seputar Start-up, bisnis, inovasi, dan teknologi di website Ideanation www.ideanation.id

 

Share This :
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x