Apa itu transformasi digital? Ayo kenali 5 manfaatnya untuk bisnismu!

Apa itu transformasi digital? Kenali 5 manfaatnya untuk bisnismu!

Semenjak terjadinya pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia, terdapat banyak kebijakan dari pemerintah yang banyak membatasi aktivitas kita sehari-hari. Karena itu, tentunya akan berdampak terhadap perusahaan milik negara, swasta, ataupun UMKM. Dengan adanya pembatasan aktivitas membuat produktivitas perusahaan menurun dimana banyak proses bisnis terhambat karena masih menghandalkan aktivitas offline. Tetapi untungnnya, terdapat solusi yang bisa anda manfaatkan dalam bisnis anda yang bisa menjadi peluang agar bisnis anda bertahan selama pandemi dan meraih keuntungan. Solusi tersebut adalah transformasi digital.

Apa itu transformasi digital ?

Melakukan suatu transformasi terhadap bisnis tentu bukan langkah yang mudah. Sebelum itu, kita harus mengenali apa itu transformasi digital. Transformasi digital adalah perubahan bisnis model dengan menggunakan teknologi digital agar proses bisnis dan kinerja bisa menjadi lebih efektif dan efisien. Hal ini termasuk dalam proses pemasaran, customer service, perencanaan, dll. yang secara keseluruhan dapat meningktakan kualitas dan value pada bisnismu. Selain untuk memodernisasi bisnismu, transformasi ini juga membantu dalam mendukung revolusi bisnis Indonesia dalam bidang teknologi seperti artificial Intelligence (AI), big data, cloud computing, dan Internet of Things.

Manfaat transformasi digital

Setelah kita mengetahui pengertiannya, kita pastinya ingin mengetahui lebih lanjut apa saja manfaat-manfaat yang bisa kita dapatkan dari transformasi digital. Berikut adalah 5 manfaat dari transformasi digital :

  1. Mendapatkan Insight yang kredibel

Salah satu platform yang bisa diterapkan dalam transformasi digital adalah data insight. Platform tersebut memberikan berbagai data dimana dapat dijadikan analisis yang memberikan bisnismu dengan berbagai informasi untuk meningkatkan kualitas product development, marketing, dan customer service.

  1. Kemudahan dalam manajemen data

Dengan adanya cloud computing, seluruh data yang ada dalam bisnis dapat terkumpul dalam satu file cloud, sehingga mengelola sumber daya perusahaan akan menjadi lebih mudah, cepat, dan aman.

  1. Meningkatkan daya saing

Pada saat ini terdapat kecendurungan bagi konsumen untuk membeli produk atau jasa dari perusahaan digital. Karena, proses jual/beli melalui teknologi digital jauh lebih mudah dari sistem. Hal ini tentunya dapat memberikan bisnismu competitive advantage untuk bersaing lebih baik.

  1. Mempermudah operasional bisnis

Adanya transformasi digital memberikan berbagai jenis tools yang membantu proses operasional bisnis kompleks menjadi lebih terotomasi. Dengan begitu, pengoperasian bisnis akan menjadi lebih cepat dan efisien serta meningkatkan produktivitas perusahaan.

  1. Membantu mencapai target bisnis

Dengan digitalisasi bisnis anda dapat menjangkau target pasar anda dengan lebih mudah dengan adanya platform seperti e-commerce. Ditambah dengan peningkatan dalam efektitas, efisiensi, dan produktivitas dalam bisnis, tentunya hal tersebut akan membantu bisnismu untuk mencapi target yang dituju.

Kesimpulan

Setelah kita melihat manfaat-manfaat transformasi digital yang sangat menguntungkan bisnis, pasti tentunya kamu memiliki keinginan besar untuk melakukan transformasi digital. Melakukan transformasi tersebut memang bukan lah hal yang mudah dan pastinya terdapat banyak tantangan dalam proses tersebut. Namun kita harus bisa untuk mengatasi tantangan tersebut, karena seiring berjalannya waktu, bisnis harus beradaptasi dengan perubahan dan perkembangan teknologi untuk terus bertahan dan berkembang di masa yang akan mendatang.

Baca juga artikel-artikel lainnya seputar Start-up, bisnis, inovasi, dan teknologi di website Ideanation www.ideanation.id

Share This :
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x