Bermain bola saja membutuhkan strategi, apa lagi BISNIS ! Ini dia 6 hal pemasaran dalam bisnis

Bermain bola saja membutuhkan strategi, apa lagi BISNIS ! Ini dia 6 hal pemasaran dalam bisnis

Dalam mengembangkan bisnis, salah satu hal yang wajib dan tidak terlewatkan adalah perencanaan. Perencanaan dapat dianalogikan sebagai sebuah peta untuk menunjukkan arah pada sebuah kesuksesan. Hal lain yang tak kalah penting adalah menetapkan strategi pemasaran. Pemasaran  menempati posisi yang strategis untuk mencapai suatu keberhasilan pada sebuah bisnis

Meskipun sebuah produk memiliki kualitas yang baik, tetapi tidak akan bisa menghasilkan keuntungan berlipat apabila tidak diiringi dengan strategi pemasaran yang jitu. Tanpa adanya strategi pemasaran yang baik, maka cukup sulit untuk mengembangkan bisnis. Lalu bagaimana untuk mencapai keberhasilan dengan strategi bisnis yang tepat?

Apa itu strategi pemasaran?

Strategi pemasaran adalah upaya untuk memasarkan serta mengenalkan suatu produk maupun jasa pada masyarakat luas. Tentu saja dengan menggunakan rencana dan taktik matang, dengan begitu, jumlah penjualan dapat meningkat. Strategi pemasaran juga dapat dimaknai dengan rentetan usaha yang dilakukan perusahaan dalam mencapai tujuan.

Di dalam suatu bisnis, ada tiga faktor yang merupakan penentu harga jual barang dan jasa yang meliputi produksi, pemasaran, serta konsumsi. Sehingga, pemasaran dapat dikatakan sebagai penghubung produsen dan konsumen.

Fungsi strategi pemasaran
  • Mengatur arah jalannya bisnis. Tentunya, hal ini akan membantu koordinasi tim pemasaran lebih efektif sehingga akan mudah mencapai target.
  • Meningkatkan motivasi untuk melihat masa depan bisnis yang tengah dijalankan. Strategi pemasaran menuntut para pelaku bisnis untuk memperkirakan laju bisnis di masa mendatang sehingga secara tidak langsung memberikan semangat untuk menjalankannya.
  • Sebagai standar penilaian dari prestasi kerja para anggota di perusahaan. Dengan adanya standar penilaian ini, tentunya pengawasan mutu dan kualitas kerja menjadi efektif.
  • Sebagai alat bantu untuk mencapai target atau tujuan suatu perusahaan, baik dalam jangka waktu pendek maupun panjang.
Tujuan strategi pemasaran
  • Dapat digunakan sebagai media ukur dari hasil pemasaran yang diukur berdasarkan standar prestasi yang telah ditentukan.
  • Membantu meningkatkan kualitas koordinasi antar individu dalam tim pemasaran 
  • Mengembangkan kemampuan bisnis agar mudah beradaptasi.
  • Dasar pemikiran untuk mengambil keputusan pemasaran.
  • Mampu mencapai target dengan mudah.
5 Tips Strategi Pemasaran 
1. Melakukan Branding dengan Baik

Salah satu elemen penting  dalam strategi marketing adalah dengan melakukan branding atau pencitraan. Branding sendiri adalah proses yang menentukan apakah konsumen menerima produk perusahaan.

Setiap perusahaan harus melakukan branding terhadap produknya. Sehingga, konsumen akan loyal dan setia menggunakan produk tersebut. Beberapa usaha untuk melakukan branding terhadap perusahaan meliputi membuat logo, gambar, dan juga menentukan produk unggulan, dengan begitu, maka produk dan perusahaan pun akan lebih dikenal oleh masyarakat.

2. Selalu Konsisten dan Melakukan Perencanaan

Dalam elemen ini, konsistensi sangat dibutuhkan. Hal ini bertujuan agar biaya marketing bisa efisien. Perencanaan marketing yang matang juga perlu dilakukan agar pelanggan banyak tertarik dan berdatangan. Sebelum memasarkan produk, kamu dapat merencanakan strategi marketing dengan efektif. Mulai dari anggaran marketing, hingga konsep lain supaya usaha dapat mudah untuk berkembang.

3. Menyasar Target Market

Kamu juga perlu mendefinisikan dengan tepat mengenai pangsa pasar yang tengah dituju. Cara yang paling tepat adalah dengan memilih beberapa segmen pasar yang akan kamu masuki. Tujuannya agar target pasar menjadi lebih jelas. Hal ini akan memudahkan untuk meng-konsep teknik marketing yang tepat.

4. Menentukan Marketing Mix

Marketing mix merupakan harga, produk, dan juga tempat promosi. Sebagai seorang pengusaha, produk dan jasa harus diputuskan secara spesifik. Serta harus ditentukan pula dimana dan bagaimana kamu dapat mendistribusikan produk. Selain itu, bagaimana cara supaya orang lain bisa mengetahui produk yang ditawarkan juga merupakan bagian dari marketing mix.

5. Customer Relationship Management

Agar konsumen kamu tetap konsisten dan loyal, maka dibutuhkan pengelolaan hubungan baik dengan pelanggan. Dengan begitu, maka customer tidak akan lari ke perusahaan yang lain. Untuk itu, kamu perlu membuat pengelolaan hubungan baik dengan para pelanggan. Mulai dari kartu member khusus untuk pelanggan serta memberi potongan harga untuk para member.

Promosi dan Iklan

Promosi dan iklan untuk menambahkan brand awareness untuk produk yang kamu jual. Kamu bisa juga memakai media berbayar agar kunjungan ke media sosial dapat meningkat. Misalnya dengan menggunakan Facebook Ads, Google ads, Instagram Ads, Twitter Ads, dan masih banyak lagi. Dengan strategi ini, maka kamu akan terbantu meningkatkan konversi dan jumlah prospek penjualan produk.

Kesimpulan

Perencanaan pemasaran untuk perusahaan perlu dibuat dengan sebaik mungkin. Karena pemasaran adalah salah satu pilar penting dalam berbisnis. Kamu bisa melatih tim untuk membuat perencanaan yang baik atau menggunakan jasa konsultan. Jika perusahaan tidak menjalankannya dengan baik, maka akan kesulitan bergerak mengikuti arah perubahan pasar. Alhasil, keuntungan yang didapatkan menjadi tidak maksimal. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu

Baca artikel lainnya tentang inovasi, start-up, dan bisnis di www.ideanation.id dan ikuti terus informasi menarik lainnya di Instagram Ideanation @in.ideanation.

Share This :
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
2 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Rachmad Bagus
Rachmad Bagus
6 months ago

waaa baru tahu saya… keren sih ini. thank you minde Ideanation

Rachmad Bagus
Rachmad Bagus
6 months ago

Iya bener banget si ini…Tips Strategi Pemasaran yang sangat bermanfaat.

2
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x