Bisnismu Sudah Mengenal apa itu Landing Page, Jenis, Perbedaan Dan Apa Manfaatnya? Kalau belum, 5 hal yang harus kamu ketahui!

Bisnismu Sudah Mengenal apa itu Landing Page, Jenis, Perbedaan Dan Apa Manfaatnya? Kalau belum, 5 hal yang harus kamu ketahui!

Ketika kamu masih bingung untuk menentukan strategi marketing yang efektif, landing page bisa jadi solusinya. Landing page dapat membantu kamu untuk menghasilkan lebih banyak uang hanya dengan website toko online.

Namun, jika kamu masih asing mendengar kata landing page, Pada artikel ini akan dikupas apa sih sebenarnya landing page dan apa manfaatnya bagi bisnis atau perusahaanmu? Yuk, simak penjelasan berikut ini!

Apa itu Landing Page?

Landing page adalah halaman dalam website yang didesain khusus dengan mindset marketing. Halaman inilah yang ditampilkan ketika pengunjung mengakses website dari hasil pencarian berbayar (paid search).

Jenis Landing Page

Terdapat dua jenis landing page yang bisa dibedakan, yaitu :

1.Click Through

Pada jenis Click Through memiliki tujuan membujuk pengunjung untuk mengklik halaman lain. Biasanya digunakan dalam bisnis e-Commerce, kamu  dapat menggunakannya untuk menggambarkan produk atau penawaran secara cukup rinci agar bisa memancing konsumen untuk melihat produk kamu sebelum membelinya.

Ciri – ciri dari Click through ini yaitu munculnya iklan yang masuk diarahkan pada keranjang belanja atau halaman pendaftaran. Hal ini menyebabkan sedikitnya konversi yang terjadi seperti iklan yang tidak memberikan informasi yang cukup bagi seseorang untuk membuat keputusan. Intinya, sebaiknya rancang dengan bagus  dan menarik agar pengunjung tertarik melakukan apa yang kamu harapkan.

2.Lead Generation

Pada Jenis halaman Lead Generation juga memiliki tombol CTA. Namun, Perbedaannya user bisa langsung melakukan konversi di halaman ini tanpa berpindah ke halaman lainnya hanya dengan sekali klik. Fungsi Jenis landing page ini dirancang untuk mengumpulkan lead secara langsung.

Jenis halaman ini cocok bagi kamu jika melakukan penawaran yang tidak berisiko. User tidak akan segan melakukan tindakan tertentu sesuai konversi yang kamu inginkan.  

Fungsi Landing Page

Berdasarkan jenisnya, ada dua fungsi utama landing page. Pertama, landing page bisa dipakai untuk mengumpulkan data pengunjung potensial atau leads. Leads inilah yang dijaga oleh bisnis. Kemudian calon pelanggan ini diharapkan melakukan pembelian di masa mendatang.

Kedua, landing page juga bisa berfungsi untuk mempercepat transaksi. Halaman ini minim distraksi dari menu dan tombol navigasi lainnya. Dengan kata lain, landing page memberikan jalan khusus bagi pengunjung untuk mengakses produk atau layanan yang ingin dibeli.

Perbedaan Landing Page dengan Homepage

Perbedaan yang paling jelas antara landing page dan homepage terletak pada tujuannya. Landing page hanya memiliki satu tujuan. Dan umumnya karena tujuannya hanya satu, maka link atau tombol pada halaman landing page juga hanya satu. Sedangkan Homepage memiliki 43 link atau tombol, bedanya landing page hanya memiliki satu tombol. Kemudian, jika kamu  memiliki lebih sedikit tautan pada halaman web telah terbukti meningkatkan konversi, karena lebih sedikit gangguan. Itulah beberapa alasan melakukan iklan berbayar selalu menggunakan halaman landing page.

  • Tampilan halaman pertama pada sebuah website
  • Menampilkan tombol navigasi dan URL menuju halaman penting di website
  • Dapat memberikan edukasi tentang produk dan layanan yang ditawarkan.

Karakteristik Landing Page:

  • Landing page mempunyai fungsi khusus dalam website.
  • Strategi Marketing untuk konsumen agar lebih fokus dan segera membeli produk.
  • Memberi informasi produk ke konsumen.
Kesimpulan

Landing Page biasanya digunakan dalam sebuah website sebagai strategi marketing. Hal ini dilakukan agar membuat konsumen yang membuka website tersebut tertarik untuk mengetahui produk yang dijual.

Dalam penerapannya landing page berbeda dengan homepage. Namun, untuk tools yang lebih sederhana dan efektif biasanya si penjual menggunakan landing page pada website mereka.

Kamu juga dapat menerapkan strategi marketing landing page pada website bisnis atau perusahaan kamu lho. Selamat mencoba!

Baca juga artikel-artikel lainnya seputar Start-up, bisnis, inovasi, dan teknologi di instagram @in.Ideanation atau website www.ideanation.id.

Share This :
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x