7 Budaya Kerja Startup Yang Perlu Kamu Ketahui

Budaya Kerja Startup

Bekerja di startup telah menjadi idaman bagi generasi Z. Banyak sekali mahasiswa tingkat akhir atau bahkan seorang fresh graduate yang mencoba untuk magang dan bekerja di startup. Penguasaan informasi dan teknologi yang baik oleh generasi Z dianggap sejalan dengan budaya kerja startup dan nilai dari perusahaan modern ini. 

Wajar saja jika bekerja di perusahaan startup menjadi primadona, itu semua karena anggapan bahwa bekerja di sana lebih fleksibel dan terlihat menantang. Nah, apakah anggapan tersebut sesuai dengan kenyataannya? Berikut Ideanation akan menjelaskan seperti apa budaya kerja di startup.

Jam kerja yang fleksibel

Bekerja di startup identik dengan budaya kerja yang fleksibel, apabila kita bisa menyelesaikan target sebelum batas waktu yang sudah perusahaan tetapkan, kita akan memiliki lebih banyak waktu luang. Itu semua juga tergantung dari bidang perusahaan startup tempat kita bekerja.

Lebih lanjut, kita bisa saja mengerjakan tugas-tugas tidak pada jam kerja selama menyanggupinya dan ketika memang diminta secara khusus oleh atasan atau teman satu tim untuk mengerjakan sebuah project karena suatu hal yang mendesak dan harus selesai saat itu juga.

Komunikasi yang sangat terbuka

Salah satu budaya kerja di startup yang paling mengesankan adalah ketika kamu sedang berkomunikasi dengan sesama anggota tim. Dalam startup, tidak ada istilah senior dan junior. Semuanya membaur menjadi satu dalam menciptakan sebuah ide dan inovasi. Senior atau veteran yang sudah lama di startup adalah mentor sekaligus teman diskusimu.

Hal ini tentu berbeda dengan korporat yang terkadang masih ada istilah senior-junior dalam budaya kerjanya. Lewat ruang komunikasi yang terbuka, kamu dapat bertanya apapun kepada senior terkait ide yang ingin kamu tuangkan ataupun sesuatu yang kamu bingungkan.

Bebas Berpakaian

Biasanya, perusahaan startup memang tidak memberikan batasan kepada para pekerjanya untuk style berpakaian, asalkan rapi dan sopan. Namun, perlu diingat, tidak semua perusahaan startup memberikan kebebasan tersebut.

Training Karyawan

Startup sangat memperhatikan kualitas dari karyawan. Biasanya, perusahaan jenis ini juga mengadakan pelatihan bagi karyawan agar keterampilannya dapat meningkat. Jika keterampilan meningkat, sudah dipastikan kinerja dari para karyawannya akan membaik sehingga berdampak bagus bagi startup.

Budaya Kerja Yang Efektif & Cepat

Bekerja secara efektif pada perusahaan startup artinya kita harus bisa mengatur waktu dengan baik, membuat daftar skala prioritas, dan menjaga komunikasi dengan partner kerja sehingga tidak membuat pekerjaan yang seharusnya selesai dengan cepat menjadi sedikit tertunda. Dengan begitu, kita bisa dengan mudah mengelola stress.

Tim Yang Solid

Dalam sebuah perusahaan, kita memiliki kewajiban untuk menjalin kerja sama yang baik dengan teman satu divisi. Pada perusahaan startup pun begitu, bahkan hubungan antar individunya cenderung lebih akrab karena tidak berfokus pada struktur dan standardisasi.

Semuanya membaur menjadi satu tanpa adanya senioritas yang kaku. Bahkan bisa bertanya dengan leluasa kepada pekerja lain yang lebih senior dengan lebih santai, namun yang pasti tetap sopan.

Lingkungan Yang Dinamis Ala Budaya Kerja Startup

Lingkungan kerja yang dinamis memiliki makna lingkungan yang banyak terjadi perubahan, dan hal itu wajar. Bukan tidak mungkin terjadi perombakan keputusan karena target yang berubah saat menjalankan strategi perusahaan startup. 

Budaya kerja di startup yang seperti ini mungkin bagi sebagian orang yang menyukai aturan pasti akan memberatkan. Tapi, jangan menjadikannya beban, ya, selama kita bisa saling mengerti keadaan satu sama lain antar pekerja, menjalin komunikasi yang efektif, dan membiasakan diri untuk selalu kompak dengan tim, akan menciptakan lingkungan kerja dinamis yang menyenangkan.

Itu dia penjelasan singkat mengenai budaya kerja startup. Setelah mengetahui budayanya, apakah kamu berminat untuk kerja di perusahaan rintisan tersebut? 

Baca juga artikel-artikel lainnya seputar Start-up, bisnis, inovasi, dan teknologi di website Ideanation www.ideanation.id

Share This :
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x