Cara Melakukan Analisis Kompetitor Menggunakan Competitor Analysis Template

Apapun bisnis yang kamu geluti, kemungkinan besar ada bisnis lain di luar sana yang menawarkan produk atau jasa yang sama. Keberadaan kompetitor merupakan hal yang sangat lumrah di dalam dunia bisnis. Persoalannya, bagaimana caranya agar kamu bisa lebih maju? Mengetahui apa yang ditawarkan pesaing saja tidak cukup. Kamu perlu memahami perilaku pesaing dan mengantisipasi tindakan mereka agar bisa selangkah lebih maju. Tidak ada cara lain untuk mencapainya, selain melakukan analisis persaingan bisnis.

Selain alasan bahwa proses analisis kompetitif membantu kamu menentukan kekuatan dan kelemahan pesaing untuk menemukan peluang dan ancaman jangka pendek dan jangka panjang, melakukan analisis kompetitif sangat penting karena membantu kamu:

  • Membangun pemahaman tentang bagaimana pasar yang ada beroperasi dan bagaimana pelanggan potensial menilai persaingan.
  • Mendapatkan ide bagus tentang apa yang sebenarnya dibutuhkan pelanggan dan bagaimana kamu bisa menjualnya kepada mereka.
  • Mengembangkan strategi bagaimana tumbuh di pasar saat ini dan berekspansi ke pasar baru.
  • Mengembangkan penawaran berbeda yang menonjol dari kerumunan dengan keunggulan kompetitifnya.

Apa itu analisis pesaing?

Analisis persaingan merupakan riset strategis, secara khusus mengumpulkan dan menganalisis data tentang bisnis kompetitor. Dapat dikatakan, hal ini merupakan taktik esensial untuk mengetahui apa yang dilakukan oleh pesaing. Lebih dari itu, kamu dapat mengenali hal apa yang mungkin mengancam kemajuan bisnismu.

 Dengan melakukan riset persaingan, kamu juga dapat mengetahui dengan cepat tren di sektor industri terkait. Selanjutnya, beradaptasi dengan strategi atau kampanye yang dilaksanakan pesaing, untuk mempertahankan posisimu di pasar. Oleh sebab itu, analisis pesaing ini sangat krusial bagi bisnis.

Apa saja kerangka analisis pesaing?

Menganalisis persaingan bisnis tidak terlalu rumit, tetapi tidak  bisa juga dianggap mudah. Kamu bisa untuk mendownload template untuk melakukan analisis pesaing seperti  yang dilakukan dibeberapa perusahaan link download :

https://docs.google.com/spreadsheets/d/1M6qzMAIolWH0PDesEdI-0IOWbFpyjfeHeJEoHOpPU7Y/edit#gid=2099546327

Di bawah ini beberapa langkah yang perlu kamu lakukan untuk meneliti persaingan :

Ikhtisar perusahaan

Analisis kamu harus dimulai dengan menggali informasi dasar tentang pesaing, hal-hal seperti tahun berdirinya perusahaan, nama CEO dan orang-orang penting lainnya, lokasi kantor perusahaan, berapa banyak karyawan yang bekerja di sana, dll.

Pendanaan

Mengetahui kapan, berapa banyak, dan dari siapa pesaing kamu menerima dana juga bisa menjadi hal penting, terutama jika kamu berencana untuk meningkatkan modal sendiri. Ini akan memberimu ide yang kuat tentang berapa banyak dana yang didapatkan.

Produk

Saatnya untuk mengevaluasi produk atau layanan pesaing kamu, hal-hal aktual yang mereka jual. Teknologi apa yang mereka gunakan untuk membangunnya? Apa nilai jual inti mereka? 

Fitur Produk

unsur-unsur produk yang dipandang penting oleh konsumen dan dijadikan dasar pengambilan keputusan pembelian.

Harga

Menilai harga pesaing adalah langkah penting lainnya dalam menganalisis, jika harga tidak tersedia di situs web mereka, coba hubungi tim penjualan mereka.

Keuntungan

Riset situs web pesaing kamu untuk melihat apakah mereka menawarkan sesuatu yang gratis dengan produk mereka. 

Teknologi

Teknologi pesaing merupakan aspek penting untuk dinilai bagi perusahaan teknologi. BuiltWith adalah alat yang hebat dan gratis untuk mengetahui tumpukan teknologi yang digunakan pesaing. Cukup ketik URL, dan akan dapat melihat teknologi apa yang dijalankan situs web, bersama dengan skrip dan plugin pihak ketiga yang digunakan, semuanya mulai dari sistem analitik, layanan pemasaran email, hingga alat pengujian A/B, dan CRM.

Pelanggan & kesadaran

Langkah besar kamu berikutnya dalam menganalisis persaingan adalah melihat apa yang pelanggan katakan tentang mereka. Di bagian ini, kamu akan melihat Pangsa Suara masing-masing merek, sentimen di balik penyebutan mereka, topik utama yang diangkat pelanggan ketika mereka berbicara tentang pesaing kamu, dan banyak lagi.

Geografi

Melihat geografi penyebutan pesaing kamu akan mengetahui pasar mana yang paling mereka fokuskan dan dengan sedikit keberuntungan, temukan area yang belum terlalu jenuh. Kamu akan menemukan peta penyebutan setiap merek di dasbor dan laporan Awario, bersama dengan perincian penyebutan menurut bahasa.

Platform media sosial

Sama seperti geografi, ini akan memberi kamu gambaran tentang di mana audiens pesaing  berkumpul sehingga kamu dapat menggunakan temuan ini dalam strategi pemasaran kamu sendiri. Selain itu, jika kamu melihat platform yang tampaknya sangat kurang digunakan tetapi terlihat relevan, itu mungkin juga layak untuk dicoba. 

Pemasaran

Media sosial

Bagian ini akan memberi kamu analisis tentang dimana audiens pesaing kamu berkumpul dan bagaimana mereka merencanakan strategi pemasaran mereka untuk mendapatkan lebih banyak jangkauan dan keterlibatan.
Selain itu, jika kamu melihat platform yang tampaknya sangat kurang digunakan, platform tersebut layak untuk dicoba.

Periklanan

Untuk mendapatkan ide tentang strategi iklan pesaing, SimilarWeb adalah titik awal yang bagus dan gratis. Masukkan URL situs web pesaing dan navigasikan ke bagian Pencarian – ini akan menunjukkan apakah pesaingmu menjalankan iklan pencarian, dan, jika mereka melakukannya, apa kata kunci target mereka.

Influencer dan mitra lainnya

Kamu akan melihat influencer yang mendukung pesaing, penerbit yang bekerja sama dengan mereka, dan platform media tempat mereka menjadi tamu blog, jika ada.

Pemasaran Konten

Kenali konten seperti apa yang mereka publikasikan. Jenis konten apa yang menjadi fokus kompetitor? Mungkin blog, Youtube, atau podcast. Pastikan kamu juga mengetahui frekuensi publikasi konten serta topik yang diangkat.

Bila konten pesaing sudah dikenali, kamu dapat mengetahui kualitas dan membandingkannya dengan konten milikmu. Dengan demikian, kamu dapat mencari tahu peluang apa yang tersedia untuk mengungguli pesaing.

Akuisisi pelanggan

Apakah pesaing kamu memiliki strategi rujukan? Apakah mereka memiliki program afiliasi? Apakah mereka mensponsori atau mengadakan pameran di konferensi industri? Apakah mereka mendapatkan pelanggan dengan cara kreatif lainnya?

Penjualan

Jika berlaku, penting juga untuk menganalisis strategi penjualan pesaing kamu. Apakah mereka melakukan demo produk? Seperti apa menghubungi perwakilan? Apakah ada nomor telepon yang bisa dihubungi?

Pelayanan pelanggan

Menganalisis layanan pelanggan pesaing  akan membantu kamu meningkatkan layanan pelanggan kamu sendiri. Yang benar adalah, di perusahaan besar, layanan pelanggan seringkali hampir tidak ada untuk bisnis baru di industri ini, itu adalah area yang bagus untuk dimanfaatkan. Jika itu benar dalam kasusmu, pastikan untuk menyoroti kualitas layanan pelanggan di web kamu.

Kesimpulan

Analisis kompetitor atau pesaing adalah praktik penting untuk pemain baru dan yang sudah ada. Analisis pesaing berkala membantu perusahaan mengawasi pesaingnya, mengidentifikasi peluang, dan siap menghadapi ancaman yang akan datang.

Dengan mengetahui kelebihan, kekurangan dan apa yang telah dilakukan oleh pesaing dalam bisnis, Kamu bisa dengan mudah untuk mengambil keputusan terbaik yang akan membawa bisnis Anda ke arah yang benar.

Hal penting yang perlu kamu perhatikan saat mengambil keputusan dalam bisnis adalah dengan mempertimbangkan laporan keuangan dan kesehatan finansial bisnis. Dengan data keuangan yang faktual, tentunya kamu bisa membuat perencanaan yang lebih terukur dan mudah mencapai target yang diinginkan.

Baca juga artikel-artikel lainnya seputar Start-up, bisnis, inovasi, dan teknologi di website Ideanation www.ideanation.id

 

Share This :
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x