Kenalan sama internet of things yuk!

Perkembangan teknologi di Indonesia semakin hari semakin berkembang dan semakin berinovasi. Salah satunya adalah Internet of Things atau yang bisa disingkat dengan IoT. Sebenarnya IoT sendiri sudah dikembangkan sejak lama, tetapi belakangan ini namanya semakin populer.

Apa itu internet of things?

Secara teknis Internet of things atau IoT adalah sebuah sistem yang terdiri dari berbagai device seperti computational device, mechanical dan juga digital devices yang dimana setiap device memiliki unik identifier / UIDSs juga memiliki kemampuan untuk mengirimkan data melalui jaringan khusus seperti lorawan ataupun internet biasa tanpa perlu bantuan manusia.

IoT juga dapat diartikan secara simpel yaitu alat elektronik, sensor, mesin ataupun benda dalam kehidupan sehari hari seperti smartphone, laptop, lampu, ac yang terkoneksi dengan internet contohnya smart lamp, smart ac, IR remote blaster dan lain-lain.

Unsur – unsur internet of things
Artificial Intelligence

Artificial Intelligence (AI) atau dalam bahasa Indonesia berarti kecerdasan buatan merupakan merupakan sebuah penemuan yang dapat memberikan kemampuan bagi setiap teknologi atau mesin untuk berpikir (menjadi “smart”). Jadi, AI disini dilakukan dengan mengumpulkan berbagai data, pemasangan jaringan, dan pengembangan algoritma dari kecerdasan buatan.

Konektivitas

Konektivitas atau biasa disebut dengan hubungan koneksi antar jaringan. Di dalam sebuah sistem IoT yang terdiri dari perangkat kecil, setiap sistem akan saling terhubung dengan jaringan. Sehingga dapat menciptakan kinerja yang lebih efektif dan efisien.

Perangkat ukuran kecil

Di dalam perkembangan teknologi masa kini, semakin kecil sebuah perangkat maka akan menghasilkan biaya yang lebih sedikit, namun efektifitas dan skalabilitas menjadi tinggi. Sehingga di masa yang akan datang, manusia dapat lebih mudah menggunakan perangkat teknologi berbasis IoT dengan nyaman, tepat, dan efisien.

Sensor

Sensor merupakan unsur yang menjadi pembeda dari IoT dengan mesin canggih yang lain. Dengan adanya sensor, mampu untuk mendefinisikan sebuah instrumen, yang mana dapat mengubah IoT dari jaringan standar yang cenderung pasif menjadi sistem aktif yang terintegrasi dengan dunia nyata.

Keterlibatan aktif

Banyak mesin modern yang masih menggunakan keterlibatan (engagement) secara pasif. Namun, yang menjadi pembeda dari mesin yang lain, IoT telah menerapkan metode paradigma aktif dalam berbagai konten, produk, serta layanan yang tersedia. 

Manfaat internet of things untuk suatu bisnis

Internet of Things sudah menjadi lebih luas di luar sana, maka perusahaan bisa menggunakan nilai bisnis dan juga mendukung perkembangan bisnisnya. Nah, manfaat yang bisa didapatkan oleh perusahaan jika menggunakan Internet of Things adalah :

  • Memperoleh insight berbasis data dari data Internet of Things agar bisa membantu mengelola bisnis secara baik.
  • Meningkatkan produktivitas dan juga efisiensi operasi bisnis
  • Membuat model bisnis dan juga pemasukan baru
  • Menghubungkan dunia bisnis fisik ke dunia digital secara mudah agar mampu mendorong waktu secara cepat menjadi nilai yang berharga.
Internet of things dapat dimanfaat di berbagai bidang industri di antaranya :
  • Kesehatan 
  • Agriculture
  • Energi
  •  Finansial servis
  • Manufaktur
  • Retail 
  • Hospitality
  • Transportasi dan logistik
  • Perdagangan
  • Keamanan
  • Teknologi dan jaringan
  • Pembangunan

kesimpulannya adalah IoT adalah alat elektronik yang terkoneksi dengan internet, IoT dipergunakan untuk berbagai hal dalam kehidupan sehari hari dengan tujuannya mempermudah kegiatan manusia dan perusahaan sehari hari.

Baca juga artikel-artikel lainnya seputar Start-up, bisnis, inovasi, dan teknologi di website Ideanation www.ideanation.id.

Share This :
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
2 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Rachmad Bagus
Rachmad Bagus
4 months ago

waaaw.. nice info right there.

Rachmad Bagus
Rachmad Bagus
4 months ago

I saw a useful article on the ideanation.id platform

2
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x