Mengenal 6 Jenis Energi Terbarukan

Mengenal 6 Jenis Energi Terbarukan

Energi terbarukan merupakan sumber daya energi dari alam yang tidak terbatas atau tidak ada habisnya. Di negara maju energi terbarukan menjadi energi utama yang digunakan  sebagai bahan bakar dengan presentase 80% pemakaian daripada bahan bakar fosil. Kebanyakan negara berkembang masih sangat bergantung dengan energi fosil. Hanya sekitar 5%-6% negara berkembang yang sudah menggunakan energi terbarukan.

Apakah kamu tahu apa saja jenis-jenis dari energi terbarukan? Yuk mari kita bahas jenis-jenis dari erergi terbarukan :

Mengenal 6 Jenis Energi Terbarukan

Gelombang Laut

Gelombang laut merupakan energi terbarukan bersumber dari ombak yang dapat dirubah menjadi energi listrik menggukanan turbin.  Turbin atau pelampung yang naik turun ini digerakkan langsung oleh ombak laut, lantas memutar generator sehingga menghasilkan listrik. Namun demikian, pembangkitan energi listrik juga dapat dihasilkan dengan memanfaatkan perubahan tekanan udara pada ruang yang menangkap ombak laut. Tekanan udara inilah yang kemudian memutar turbin dan menggerakkan generator hingga akhirnya menghasilkan listrik. Wilayah yang memiliki potensi terbesar untuk pengembangan energi gelombang laut biasanya memiliki kecepatan angin yang tinggi.

Tenaga Surya

Tenaga surya merupakan energi terbarukan bersumber dari sinas panas matahari. Energi ini dapat dirubah menjadi listrik menggunakan teknologi seperti pemanas surya, fotovoltaik surya, listrik panas surya, arsitektur surya, dan fotosintesis buatan.

Angin

Angin merupakan salah satu energi yang dapat dirubah menjadi listrik dengan memanfaatkan aliran angin untuk menggerakan turbin

Panas bumi

Panas bumi adalah panas yang terperangkap di bawah kerak bumi dari pembentukan bumi 4,5 miliar tahun yang lalu dan dari peluruhan radioaktif. Terkadang sejumlah besar panas ini keluar secara alami, tetapi sekaligus, menghasilkan kejadian yang sudah dikenal, seperti letusan gunung berapi dan geyser.

Biomasa

Bioenergi adalah jenis energi terbarukan yang berasal dari biomassa.  Biomassa adalah energi yang dibuat untuk bahan bakar yang didapat dari sumber alami yang dapat diperbaharui. Bahan pembuat energi biomassa dikategorikan menjadi dua jenis, pertama dari hewan yang berupa mikroorganisme ataupun makroorganisme, dan yang kedua berasal dari tumbuhan seperti tanaman sisa pengolahan ataupun hasil panen secara langsung.

Energi terbarukan sangat bermanfaat bagi  masyakarat sebagai alternatif dari energi fosil yang akhirnya akan  habis. Banyak sekali manfaat yang dapat dirasakan oleh masyarakat secara langsung seperti :

  • Meminimalisir efek pemanasan global
  • Sumber energi tak terbatas
  • Meningkatkan kesehatan masyarakat
  • Hemat sumber daya serta uang
  • Menciptakan lapangan kerja dan peluang
Share This :
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
2 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
https://www.havo.co.id
https://www.havo.co.id
4 months ago

nuklir juga termasuk sumber energi terbarukan

Last edited 4 months ago by https://www.havo.co.id
angga dheta
angga dheta
4 months ago

Hi, saya baru baca nih, judulnya ada 6 tapi saya hanya temukan 5 sumber energi terbarukan. sepertinya air belum masuk di artikel ini

2
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x