Mengenal Analisis Kompetitor Untuk Mengembangakan Bisnis. 5 Hal Yang Kamu Harus Tahu !

Mengenal Analisis Kompetitor Untuk Mengembangakan Bisnis. 5 Hal Yang Kamu Harus Tahu !
Apa itu analisis kompetitor ?

Analisis kompetitor atau pesaing adalah proses mengidentifikasi bisnis di pasar kamu yang menawarkan produk atau layanan yang serupa dengan binismu dan mengevaluasinya berdasarkan kriteria bisnis yang telah ditentukan. Analisis yang baik akan membantu kamu melihat kompetitor melalui mata pelanggan kamu untuk menunjukkan dengan tepat di mana bisnismu dapat berkembang.

Mengapa analisis kompetitor penting ?

Karena untuk tetap bisa mengikuti tren pasar dan penawaran produk dan dapat mengungkapkan informasi terkait tentang kejenuhan pasar, peluang bisnis, dan praktik terbaik industri. Penting juga untuk mengetahui bagaimana pandangan pelanggan kamu dibandingkan dengan kompetitor. 

Manfaat menganalisis kompetitor

Menganalisis kompetitor dapat membantu kamu mempelajari taktik pemasaran dan teknik persuasi baru dan juga menemukan cara berharga untuk memposisikan bisnis kamu. Berikut lima alat untuk menganalisis kompetitor kamu :

  • SEMrush: Alat ini dapat memberi data langsung tentang kata kunci organik, URL pesaing, dan lalu lintas waktu nyata.
  • Ubersuggest: Ini adalah alat bantu saya untuk analisis pesaing dan penelitian kata kunci.
  • Quick Sprout: Ini adalah alat SEO saya sendiri yang menganalisis hingga 3 situs pesaing dan mengungkapkan faktor internal apa yang harus kamu tingkatkan untuk mendapatkan lebih banyak lalu lintas dan peringkat organik.
  • Ahrefs: Alat penelitian backlink yang sangat sederhana dan terperinci. Ini menjelajahi web, mengambil tautan balik kamu dan teks jangkar yang tepat digunakan. Kamu dapat menggunakannya untuk mencari tahu dimana kompetitormu mendapatkan tautan masuk dan untuk meningkatkan tata kelola perusahaan kamu.
  • Alexa: Jika kamu ingin memahami target pasar dan audiens target, alat intelijen kompetitif ini akan mengungkapkan demografi audiens dan peringkat situs di negara tertentu.
Apa saja komponen dalam menganalisis kompetitor ?

Ada beberapa komponen lain yang perlu dipertimbangkan dalam menganalisis kompetitor. Sangat penting memasukkan informasi sebanyak mungkin untuk membuat penilaian yang akurat tentang bagaimana bisnis kamu dibandingkan dengan bisnis lain. Kamu perlu mengumpulkan informasi tentang pesaing potensial dan fitur, harga, kualitas layanan, kekuatan, dan kelemahan mereka, berikut komponen dalam menganalisis kompetitor :

Matriks fitur :

Temukan semua fitur yang dimiliki setiap produk atau layanan kompetitor langsung. 

Persentase pangsa pasar : 

Ini membantu mengidentifikasi siapa pesaing utama di pasar kamu. Jangan mengecualikan pesaing yang lebih besar sepenuhnya, karena mereka memiliki banyak hal untuk diajarkan tentang cara sukses di industri kamu. 

Harga : 

Tentukan dengan tepat berapa banyak biaya kompetitor dan di mana mereka jatuh pada spektrum kuantitas atau kualitas.

Pemasaran :

 Apa jenis strategi pemasaran yang diterapkan setiap kompetitor? Riset situs web kompetitor,  media sosial, strategi SEO mereka, tagline mereka, dan kampanye pemasaran saat ini.

Diferensiator : 

Apa yang membuat pesaing kamu unik, dan apa yang mereka iklankan sebagai kualitas terbaik mereka ?

Kekuatan :

Identifikasi apa yang dilakukan oleh kompetitor kamu dengan baik dan apa yang berhasil bagi mereka. Apakah ulasan menunjukkan bahwa mereka memiliki produk unggulan ? 

Kelemahan :

Identifikasi apa yang dapat dilakukan lebih baik oleh setiap kompetitor. Apakah mereka memiliki strategi media sosial yang lemah? Informasi ini dapat memberi kamu keunggulan kompetitif.

Geografi : 

Lihat di mana kompetitor kamu berada dan wilayah yang mereka layani. 

Kesimpulan

Menganalisis kompetitor bukanlah untuk mencuri apa yang mereka lakukan, melainkan untuk memahami dimana bisnis kamu berada di pasar dan menemukan peluang baru untuk membuat produk kamu menonjol. Akhirnya, berfokus pada pelanggan kamu dan kesenjangan antara penawaran dan permintaan akan melayani kamu jauh lebih baik daripada berfokus pada persaingan. Dan untuk itulah analisis pesaing – menemukan cara untuk melayani pelanggan dengan lebih baik.

Baca juga artikel-artikel lainnya seputar Start-up, bisnis, inovasi, dan teknologi di website Ideanation www.ideanation.id.

 

Share This :
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x