Loading...

5 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Entrepreneur Pemula Yang Harus Kamu Hindari !

February 23, 2024

Kebanyakan dari kita yang masih berjiwa muda dan memiliki berbagai ide cemerlang, pasti memiliki keinginan untuk memulai sebuah usaha dan menjadi entrepreneur. Menjadi seorang entrepreneur yang mendirikan sebuah startup pastinya merupakan sebuah profesi yang menjanjikan dimana jika sukses, kita bisa meraih keuntungan yang sangat besar. Namun, terjun ke dunia berbisnis bukanlah hal sepele dan memiliki risiko yang tinggi. Sebagai entrepreneur pemula, kamu akan dihadapi dengan berbagai masalah dan tantangan yang muncul dalam bisnismu. Dan seringkali, banyak entrepreneur pemula yang tidak menghadapinya dengan benar sehingga bisnisnya gagal.

Kesalahan yang harus kamu hindari sebagai entrepreneur pemula!

Untuk mencegah terjadinya kegagalan yang telah disebutkan sebelumnya, berikut di bawah adalah 5 kesalahan yang harus kamu hindari sebagai seorang entrepreneur pemula:

1. Percaya diri terlalu tinggi

Ketika awal menjalankan bisnis biasanya kita langsung merasa terlalu percaya diri dengan kemampuan kita sehingga membuat kita terkecoh dengan keputusan-keputusan yang tidak membuahkan hasil atau justru merugikan. Biasanya, hal yang paling membuat entrepreneur terlalu percaya diri adalah bahwa produknya akan cepat laku. Padahal, untuk menjual produk dengan baik, kita perlu memahami kebutuhan dan keinginan konsumen dengan baik. 

2. Tidak mau mempekerjakan orang yang lebih pintar

Hal ini biasa terjadi ketika si entrepreneur memiliki gengsi tinggi yang membuat dia merasa tahu segalanya dan takut pekerjaannya diambil alih orang lain. Padahal, selama kita mempekerjakan orang yang memiliki gagasan sama, bersama-sama bisa membawa bisnis ke arah yang lebih menguntungkan. Oleh karena itu, jangan takut untuk merekrut orang yang memiliki lebih banyak pengalaman ketimbang merekrut orang yang tidak memiliki skill sama sekali.

3. Menghabiskan uang untuk hal tidak penting

Dari awal kita memulai bisnis, tentunya modal dimiliki sangatlah terbatas dan diperlukan manajemen keuangan yang baik agar tidak rugi. Faktanya, ketika dengan manajemen uang yang tidak baik, kita akan menghamburkan modal untuk hal yang tidak penting seperti promosi yang terlalu besar, investasi tanpa pengetahuan jelas, atau sekedar gengsi menyewa kantor mewah. Oleh karena itu, jangan langsung menghabiskan modal pada hal yang belum signifikan dan belajar untuk manajemen keuangan yang baik agar dapat membantu anda untuk membuat keputusan keuangan dengan baik.

4. Kurang networking

Kesuksesan bisnismu tidak hanya bergantung pada dirimu saja, namun juga pada orang lain. Jika kamu tidak mengeluarkan effort untuk networking dengan berbagai pengusaha atau ahli bisnis lainnya, maka akan semakin kecil kesempatan bagi kamu untuk mendapatkan berbagai peluang usaha. Perbanyaklah kenalan-kenalan ketika anda berbisnis. Selain untuk mencari peluang, anda juga bisa mendapat banyak masukan dari perspektif-perspektif yang beragam.

5. Ingin cepat sukses

Ini merupakan salah satu sifat terburuk yang seringkali dimiliki oleh para entrepreneur pemula. Kenapa? karena pada realitanya, menjalankan bisnis hingga mencapai kesuksesan merupakan proses yang sangat lama dan perjuangan yang berat. Penting untuk para entrepreneur pemula untuk memiliki kesabaran tinggi dan jangan terlalu berekspektasi tinggi diawal.

Itulah beberapa kesalahan yang harus kamu hindari ketika menjadi entrepreneur pemula. Realitanya, menjalankan bisnis akan menjadi tugas yang berat untukmu. Masalah tidak akan pernah luput dari bisnis. Namun, kamu bisa menguranginya dengan menghindari kesalahan yang disebutkan diatas. Semoga bermanfaat!