Vitamin VS Paintkiller? Bagian Yang Manakah Produk Kalian

Apakah Produk yang Anda miliki sebagai Vitamin atau Penghilang Rasa Sakit?

Pernahkah kamu mendengar tentang produk penghilang rasa sakit vs produk vitamin? Ide tersebut pertama kali didirikan oleh seorang pemodal ventura di Bay Area bernama Kevin Fong. Sementara di permukaan idenya tampak seperti cara yang lucu untuk mengklasifikasikan produk, sistem klasifikasi ini memiliki makna yang jauh lebih dalam.

Sebagai pembisnis, kamu perlu melihat secara kritis bisnis dari sudut pandang customer. Apakah produk atau layanan kamu menjadi sesuatu yang benar-benar mereka butuhkan atau tidak. 

Apa Itu Produk Penghilang Rasa Sakit?

Pertama, Produk penghilang rasa sakit memenuhi kebutuhan yang pada akhirnya menghilangkan rasa sakit dengan cepat. Kedua, jenis produk penghilang rasa sakit memecahkan kebutuhan pelanggan yang sebelumnya tidak terpenuhi. Akhirnya, konsumen tidak hanya ingin menggunakan produk ini tetapi mereka perlu menggunakannya.

Produk penghilang rasa sakit dirancang untuk mendorong pendapatan atau menurunkan biaya bisnis saat ini. Akibatnya, obat penghilang rasa sakit jauh lebih mudah dijual. Untuk memasukkannya ke dalam istilah awam: Customer kamu mengalami rasa sakit dan produk kamu menjadi solusinya.

Apa Itu Produk Vitamin?

Vitamin sama manfaatnya dengan obat penghilang rasa sakit. Bahkan, dalam beberapa kasus, vitamin mungkin lebih bermanfaat bagi customer atau konsumen kamu dari pada obat penghilang rasa sakit. Vitamin bagus untuk dimiliki dan dapat meningkatkan solusi yang sudah ada yang mungkin dimiliki customer. Vitamin, tidak seperti obat penghilang rasa sakit, vitamin adalah sesuatu yang harus digunakan tetapi bukan suatu keharusan.

Ketika berpikir tentang vitamin, kamu tahu harus meminumnya tetapi bisa saja tidak. Karena vitamin sifatnya opsional.

Bagaimana Memutuskan Jenis Produk Kamu?

Jadi, jenis produk kamu yang seperti apa? Inti dari setiap positioning produk adalah fungsi nilai yang diciptakannya. Meskipun kamu mungkin dapat menaiki gelombang nilai yang dirasakan untuk beberapa waktu, kenyataannya bahwa produk kamu harus mampu menciptakan nilai yang nyata.

Saat mencoba menentukan apakah kamu ingin memposisikan produk kamu sebagai obat penghilang rasa sakit atau  vitamin, penting untuk melihatnya seperti ini:

Apakah saya ingin membuat produk yang orang rela antri untuk mendapatkannya atau saya ingin produk yang mudah dilupakan?

Kapan terakhir kali kamu ingat untuk minum vitamin?

Tepat. Pertanyaan berikutnya yang perlu kamu tanyakan pada diri sendiri sebelum menentukan apakah ingin memposisikan produk kamu sebagai vitamin atau obat penghilang rasa sakit adalah:

Apakah saya akan membayar uang untuk produk ini sekarang?

Jika jawabannya ya, maka kamu memiliki obat penghilang rasa sakit. Jika tidak, maka kamu memiliki vitamin. Ingat, obat penghilang rasa sakit adalah sesuatu yang perlu kamu miliki dan harus memilikinya sekarang juga.

Kuncinya adalah apakah produk kamu adalah obat penghilang rasa sakit atau vitamin, tetapi memenuhi kebutuhan pelanggan dengan prioritas tertinggi. kamu, sebagai “harus dimiliki” dan bukan “bagus untuk dimiliki” untuk customer kalian.

 

Share This :
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x